Accurate Business Center ( ABCStore) Galaxy

Contact Marketing : 031-5912996 / 089 5414 5490 25 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Tips Bisnis di New Normal

Tips Bisnis Di New Normal – Di tengah pandemic COVID-19, dalam waktu dekat pemerintah Republik Indonesia akan segera melaksanakan protokol New Normal. Pelaksanaan New Normal sendiri belum tentu dilakukan secara bersamaan di setiap wilayah Indonesia. Untuk suatu daerah menjalankan New Normal dibutuhkan beberapa syarat dan kondisi yang harus disetujui oleh lembaga yang ditunjuk pemerintah untuk menanggulangi pandemic COVID-19 ini yaitu Gugut Tugas Percepatan Penangganan COVID-19

Sebenarnya apa yang di maksud dengan New Normal ? New Normal berdasarkan Wikipedia adalah kewajaran baru atau kelaziman baru yang mengacu pada kondisi setelah melewati suatu krisis.  Dengan ditetapkannya protokol New Normal diharapkan masyarakat dapat menjalani kehidupan baru di tengah pandemic COVID-19 yang masih berjalan ataupun mulai dalam tahap menyusut. 

Pandemic COVID-19 berdampak sangat significant di setiap aspek kehidupan kita. Cara kita bersosialisai hingga berbisnis diubah secara drastis hingga bahkan berhasil membunuh beberapa hingga sebagian pebisnis di seluruh dunia terutama bisnis yang selama ini membutuhkan pertemuan tatap muka. Pebisnis dipaksa putar otak dan mengubah alur kerjanya dan bahkan tidak sedikit yang mengubah bisnisnya menjadi bisnis lain karena bisnis yang dijalankan saat itu berkendala atau tidak dapat diaplikasikan dengan adanya COVID-19

Dengan timeline pandemic COVID-19 yang berkepanjangan, maka prilaku, budaya dan kebiasaan setiap orang pun akan mengalami perubahan dalam bentuk adaptasi dengan kondisi yang ada. Dan perubahan yang berkepanjangan memiliki tendensi untuk menjadi kebiasaan yang baru. Oleh karena itu pelaku bisnis harus bersiap dalam menghadapi kendala-kendala perubahan ini yang akan dihadapi di kondisi New Normal nanti.

tips bisnis di new normal

Tips Bisnis di New Normal Pasca Pandemic COVID-19

  • Kenali Produk dan Core Bisnis Anda

Tidak semua lini bisnis terkena dampak dari Pandemic COVID-19. Bagi yang tidak terkena bisa bersyukur dan jangan lupa untuk mengembangkan bisnisnya, namun bagi yang terkena imbas dari pandemic ini beberapa opsi yang bisa dilakukan adalah berusaha untuk melakukan subtitusi barang yang dijual, modifikasi barang yang dijual atau mengubah core bisnis yang sedang dijalankan. 

  • Kembangkan Kreativitas Anda 

Apapun kondisi yang sedang Anda alami, jangan pernah berhenti mengembangkan kreativitas. Produk ataupun bisnis tanpa pengembangan merupakan bisnis yang jalan di tempat. Yang bisa dipastikan di dalam menghadapi Pandemic COVID-19 dan New Normal adalah berubah dan menemukan cara baru dalam menjalankan bisnis. Kondisi yang telah berubah tidak dapat dihadapi dengan cara lama yang selama ini Anda jalankan. 

  • Waspadai Potensi Kerugian Anda 

Jangan terlena dengan transaksi penjualan yang Anda terima. Potensi kerugian bisa Anda hadapi dari kegagalan bayar pelanggan Anda. Coba gali dan cari informasi dari pelanggan lama serta calon pelanggan baru Anda untuk mengurangi potensi kerugian ini.

  • Telusuri Kembali Beban dan Biaya Yang Ada di Bisnis Anda

Kondisi New Normal membutuhkan banyak penyesuaian yang harus dihadapi baik oleh Anda sendiri ataupun lawan bisnis Anda. Ada baiknya Anda menelusuri kembali beban dan biaya yang selama ini ada di bisnis Anda. Cari effesiensi yang bisa dilakukan ataupun subtitusi biaya Anda dengan biaya yang lebih membangun.

  • Cash is King 

Selama kondisi belum bisa dikatakan stabil, cash is still the king. Jadi usahakan untuk mengubah transaksi menjadi cash basis dibandingkan piutang.

tips bisnis di new normal